Akomodasi adalah: definisi, tujuan, jenis, hasil, teori

definisi akomodasi
Baca cepat Buka

Perumahan adalah upaya yang dilakukan oleh pihak-pihak yang berkonflik untuk berhasil menyelesaikan masalah dan mendekati rumah susun untuk menyelesaikan konflik atau masalah tersebut.
Pengertian akomodasi menurut para ahli

Di bawah ini adalah beberapa pengertian akomodasi menurut para ahli, yaitu:

  1. Setelah Soerjono Soekanto
    Istilah akomodasi digunakan dalam dua hal, yaitu sebagai keadaan dan sebagai proses. Sebagai suatu kondisi, akomodasi berarti realitas hubungan (keseimbangan) yang seimbang antara individu atau kelompok dalam menghadapi norma-norma sosial dan budaya yang berlaku. Sebagai suatu proses, akomodasi berarti usaha manusia untuk mengurangi atau menghindari konflik guna mencapai stabilitas.
  2. Menurut Gillin dan Gillin
    Akomodasi adalah suatu proses dalam hubungan sosial yang mengarah pada adaptasi sehingga terjadi hubungan yang saling adaptif antar individu atau kelompok dalam rangka mengatasi ketegangan.
    Tujuan akomodasi

Di bawah ini adalah beberapa tujuan dari akomodasi yang adalah sebagai berikut:

Untuk mengurangi perbedaan asumsi yang ada di antara kelompok yang berargumen
Untuk memblokir terjadinya perkelahian yang bisa menjadi asal mula perkelahian
Untuk menyatukan komunitas atau asosiasi yang tersebar
Bagian dari upaya untuk melanjutkan asimilasi, atau pertemuan dalam perselisihan langsung atau transversal, dapat menjadi keluarga dan saling pengertian.

Jenis akomodasi

Di bawah ini adalah berbagai jenis akomodasi yang adalah sebagai berikut:

memaksa

Paksaan adalah jenis pemaksaan karena suatu bagian dalam keadaan rapuh.

Kompromi

Kompromi merupakan bentuk adaptasi dimana pihak-pihak yang berkonflik mengurangi tekanan untuk mencari jalan keluar dari perbedaan yang ada.

Arbitrasi

Arbitrase adalah cara untuk mencapai kesepakatan ketika pihak-pihak yang berkonflik tidak dapat menyelesaikannya sendiri. Proses arbitrase dilakukan dengan melibatkan pihak ketiga yang disetujui oleh kedua belah pihak.

toleransi

Toleransi adalah jenis kesepakatan yang dibuat, tetapi hanya perlu saling pengertian.

arbitrasi

Arbitrase adalah upaya komprehensif untuk mempertemukan pihak-pihak yang berkonflik untuk mencari solusi atas masalah tersebut.
Baca Juga : Santunan Anak Yatim

jalan buntu

Jalan buntu adalah suatu bentuk di mana para pihak yang bersengketa menyerah setelah titik waktu tertentu karena otoritas yang sama.

keputusan

Ajudikasi adalah proses penyelesaian masalah di pengadilan.
Hasil akomodasi

Gillin dan Gillin menjelaskan secara rinci hasil dari proses akomodasi menggunakan contoh-contoh dari sejarah. Hasilnya antara lain sebagai berikut.

  1. Perumahan dan integrasi sosial

Adaptasi dan integrasi masyarakat telah berbuat banyak untuk menyelamatkan masyarakat dari bibit konflik laten yang akan melahirkan konflik baru. Ketika Normandia menaklukkan Inggris pada tahun 1066, mereka telah memberlakukan budaya baru pada orang-orang yang mereka taklukkan. Bahasa, sistem feodal, hukum, dll telah diubah dan diganti. Hal ini menyebabkan perkawinan campuran dan banyak orang Inggris diberi posisi tinggi baru. Situasi ini mengurangi jarak sosial antara penjajah dan terjajah. Selain itu, properti juga menahan keinginan persaingan yang hanya membuang-buang uang dan tenaga.

  1. Menekan oposisi

Seringkali persaingan dilakukan untuk menguntungkan kelompok tertentu (misalnya kelompok produsen) dan merugikan pihak lain (misalnya kelompok konsumen). Penyesuaian antara kelompok produsen yang bersaing akan menghasilkan harga yang lebih rendah karena barang dan jasa mencapai konsumen dengan lebih mudah.

  1. Koordinasi kepribadian yang berbeda

Ini menjadi jelas ketika, misalnya, dua orang bersaing untuk posisi kepemimpinan partai politik. Persaingan ketat terjadi dalam kampanye pemilu. Namun setelah pemilu, yang kalah biasanya diajak bekerja sama demi keutuhan dan integrasi partai politik yang bersangkutan.

  1. Perubahan pranata sosial ke kondisi baru atau perubahan keadaan
  2. Perubahan posisi

Bahkan, penempatan tersebut mengarah pada penentuan baru posisi individu dan kelompok orang. Konflik telah menyebabkan posisi ini goyah dan penyesuaian akan memulihkannya

  1. Perumahan membuka jalan menuju asimilasi

Dengan proses asimilasi, para pihak lebih mengenal satu sama lain dan dengan munculnya benih-benih

Lihat Juga :

https://mandiriecash.co.id/
https://allenstanford.id/
https://nusanews.id/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://beautynesiablog.id/
https://www.sudoway.id/