Definisi laporan tahunan: fungsi, tingkatan, manfaat, contoh

Definisi laporan tahunan
Baca cepat Buka

Laporan tahunan atau annual report adalah laporan perusahaan kepada publik; Investor, regulator dan pihak yang berkepentingan.

Laporan tahunan ini umumnya mencakup laporan keuangan dasar dan analisis manajemen dari bisnis tahun lalu dan prospek masa depan.

Laporan tahunan merupakan salah satu laporan terpenting dari berbagai laporan dari perusahaan.
Tujuan laporan tahunan

Berikut adalah beberapa tujuan dari laporan tahunan, yaitu sebagai berikut:

Meliputi informasi tentang kondisi keuangan perusahaan, kinerja, dan perubahan kondisi keuangan perusahaan.
Tunjukkan bahwa manajemen telah mencapai sumber daya yang dipercayakan kepadanya.
Alat pemasaran dalam bentuk tertulis.
Sebagai dokumen yang berisi informasi tentang perkembangan perusahaan dan laporan laba rugi selama satu tahun.
Informasi penting bagi investor yang berinvestasi di perusahaan untuk mengetahui keadaan perusahaan.
Memberikan gambaran tentang tugas, peran dan pekerjaan masing-masing area di perusahaan.

Fungsi laporan tahunan

Laporan tahunan yang dihasilkan oleh setiap perusahaan memiliki beberapa fungsi dasar, yaitu sebagai sumber pendokumentasian informasi perusahaan tentang hasil perusahaan selama setahun sebagai alat pemasaran kreatif bagi perusahaan melalui integritas desain dan fontnya. Berkontribusi pada daya tarik perusahaan di mata konsumen, sebagai dokumen lengkap yang menggambarkan secara rinci kinerja perusahaan serta laporan laba rugi perusahaan selama satu tahun dan gambaran tugas, peran dan pekerjaan masing-masing bidang.
Baca Selengkapnya: 12 Jenis Bukti Transaksi & Contoh Lengkapnya

Fitur laporan keuangan tahunan

Berikut adalah beberapa karakteristik laporan tahunan, yaitu sebagai berikut:

Dapat dimengerti: Pengguna harus dapat memahami laporan keuangan tahunan dan bentuk, font, dan istilahnya.
Relevansi: Laporan keuangan tahunan harus memberikan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.
Keandalan: Informasi dalam laporan pencegahan bebas dari kesalahan material.
Comparability: Laporan keuangan dapat dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya.

Pedoman Penulisan Konten untuk Laporan Tahunan

Menulis laporan tahunan bukanlah proses yang mudah, tetapi membutuhkan waktu yang lama. Laporan tahunan ini biasanya ditulis oleh praktisi humas yang memiliki pemahaman rinci tentang kinerja organisasi. Ada beberapa referensi untuk penulisan laporan tahunan, yaitu:

Pesan yang terstruktur secara objektif meningkatkan kesadaran masyarakat akan perkembangan suatu perusahaan.
Disusun dan ditulis dalam bentuk majalah berita, disertai dengan foto-foto glossy dan desain yang menarik.
Evaluasi laporan tahunan sebelumnya menjadi dasar penyusunan laporan tahunan berikutnya.
Dilengkapi dengan fakta dan data statistik untuk menggambarkan keadaan perusahaan secara lebih detail.

Tingkat laporan tahunan

Untuk menghasilkan laporan tahunan yang baik, ada beberapa tahapan yang perlu diketahui oleh seorang praktisi PR, yaitu:

Tujuan dari laporan tersebut adalah untuk memberikan informasi mengenai kinerja perusahaan yang nantinya diharapkan dapat mengubah opini publik.
Mengidentifikasi audiens target berarti menentukan dengan tepat untuk siapa laporan tahunan itu. Target audiens terdiri dari calon investor, analis keuangan, pegawai, pemerintah dan media massa.
Menentukan subjek laporan; H. hal-hal yang paling penting, termasuk pesan-pesan kunci yang paling penting, untuk disampaikan kepada khalayak sasaran.
Kombinasikan angka, grafik, foto, tulisan. Laporan tahunan dibuat semenarik mungkin berkat desain yang lengkap: Laporan tahunan yang terlalu tebal dan hanya diisi dengan angka dan teks menyebabkan kebingungan dan kebosanan.
Klasifikasikan laporan menjadi beberapa bagian. Laporan tahunan biasanya dibagi menjadi beberapa bagian inti, yaitu ringkasan keuangan, surat kepada pemegang saham, kegiatan perusahaan, perkembangan perusahaan, laporan keuangan, dan informasi tentang karyawan dan direktur perusahaan.
Masukkan komentar tata kelola perusahaan. CEO adalah seseorang yang berperan penting dalam menyampaikan kesan perusahaan kepada target audiens. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesan komitmen manajemen untuk menjaga perusahaan tetap terdepan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan.

Baca lebih lanjut: Definisi stunt di tempat kerja

Lihat Juga

https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://excite.co.id/
https://creasi.co.id/